Kenali Istilah Unicorn Dalam Starup Paling Viral

Kenali Istilah Unicorn Dalam Star-up

Jika kamu melihat debat Presiden Jilid 2 pada akhir pekan lalu pastinya kamu akan mendengar saat Pak Joko Widodo mengatakan istilah Unicorn. Sebenarnya apa sih istilah ini, Kuda yang memiliki tanduk seperti di Dongeng. Pastinya bukan dan berikut akan coba membahas tentang kenali istilah Unicorn yang sedang viral baru-baru ini.

Istilah ini bukan hal di berbagai bidang, melainkan hanya dalam lingkup teknologi alias Star-up. Karena memang seperti yang diketahui bahwa Star-up ini pada beberapa tahun terakhir sedang booming dan cukup menjamur khususnya di Indonesia.

Apa Sih Unicorn – Kenali Istilah Unicorn

Kenali Istilah Unicorn Dalam Starup Paling Viral 2

Unicorn sendiri adalah salah satu istilah yang digunakan untuk para pelaku Startup yang mendeskripsikan akan perusahaan pribadi yang sudah mengantongi pemasukan sangat tinggi. Dan bisa dikatakan sangat luar biasa yang mencapai angka 1 Miliar Dollar Amerika Serikat.

Hmm., kira-kira perusahaan apa yang ada di Indonesia yang memiliki pemasukan sebanyak itu, terlebih merupakan perusahaan pribadi.

Pada awalnya istilah dari Unicorn ini digunakan oleh Aileen Lee selaku pemodal kapital tahun 2013 lalu. Saat itu dirinya mendeskripsikan istilah itu kepada perusahaan teknologi yang memiliki cukup banyak ide dengan nilai lebih dari 1 Miliar Dollar Amerika.

Pemasukan atau valuasi sendiri kadang bisa menjadi acuan akan seberapa besar peluang dari perusahaan tertentu. Yang nantinya bisa berkembang semakin besar atau bahkan hanya berjalan ditempat.

Bahkan jika melihat perkembangan jaman yang sudah semakin banyak saja orang yang membuat Startup. Kadang perusahaan tersebut hingga saat ini sudah bisa disetarakan dengan perusahaan level Konvensional.

Valuasi Perusahaan Jadi Bahan Acuan Masa Depan Perusahaan – Kenali Istilah Unicorn

Seperti halnya perusahaan konvensional yang selalu melakukan pertimbangan terkait beberapa aspek dari nilai perusahaan sendiri. Khususnya di bursa saham, yang didalamnya berisikan akan keemilikan, hutang hingga uang tunai yang dimiliki perusahaan.

Sementara khusus untuk perusahaan Startup pada awalnya memang sama sekali belum memiliki pemasukan, apalagi keuntungan. Namun disisi lain ini menjadi perbedaan dari perusahaan konvensional.

Pendiri perusahaan lebih memilih untuk mempertimbangkan akan beberapa aspek yang ada. Hal tersebut bisa dilihat akan adanya berapa banyak transaksi, tekologi yang digunakan, kualitas tim hingga siapa pesaing dari perusahaan yang akan dibangun.

Dan disisi lain siapa yang bisa menilai perusahaan tersebut memiliki masa depan, tidak lain adalah sang pemodal. Kebanyakan yang bisa melihat perusahaan tersebut adalah Unicorn dipastikan mereka adalah pemodal ventura dan juga para investor kebanyakan.

Unicorn Tidak Dilihat dari Keuangan Perusahaan – Kenali Istilah Unicorn

Kenali Istilah Unicorn Dalam Starup Paling Viral 1

Meski semua hal perusahaan pasti dilihat dari nilai transaksi serta keuangan perusahaan. Jangan salah istilah yang satu ini tidak selalu terlihat akan adanya keuangan perusahaan.

Karena memang perusahaan yang belum mendapatkan keuntungan bisa disebut juga sebagai Unicorn. Untuk bisa mendapatkan istilah tersebut kepada perusahaan memang ada banyak faktor termasuk salah satunya akan pertumbuhan dari perusahaan itu sendiri.

300 Perusahaan Sudah Menyabet Istilah Unicorn di Dunia – Kenali Istilah Unicorn

Menurut media setempat tercatat bahwa hampir 300 perusahaan yang ada di Dunia hingga Januari 2019 lalu yang sudah mendapatkan gelar unicorn.

Bahkan ada beberapa yang diantaranya sudah bisa mendapatkan gelar Decacorn dan Hectocorn. Decacorn sendiri perusahaan yang memiliki nilai sebesar 10 Miliar Dollar Amerika Serikat dan Hectocorn sendiri memiliki valuasi sebesar 100 Miliar Dollar Amerika Serikat.

Empat Perusahaan Indonesia Masuk Kategori Unicorn

Jika memang orang nomor satu di Indonesia Pak Jokowi mengatakan adanya beberapa perusahaan di Indonesia yang sudah menyabet istilah Unicorn diantaranya seperti. Bukalapak, Tokopedia, Traveloka dan Gojek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *